Pelaporan SPT Tahunan

Sebagai pengusaha atau penanggungjawab Badan lama mungkin Anda pernah mencemaskan urusan administrasi seperti pajak. Yang terkadang membuat khawatir sendiri apakah prosedur yang dilakukan sudah tepat, atau mungkin meminta banyak waktu Anda dalam penyelesaiannya.

Sekarang ini sudah ada jasa pengurusan SPT Tahunan yang siap membuat waktu berharga Anda lebih efisien. Lebih hemat waktu, juga hemat tenaga dan biaya karena dijamin tidak akan kesalahan yang dilakukan mereka dalam membantu klien.

Cukup dengan membayar sekian rupiah saja, urusan administrasi pajak Badan maupun orang pribadi jadi lebih aman, nyaman, mudah, dan juga cepat.

Pelaporan SPT Tahunan bisa dilakukan oleh Wajib Pajak orang pribadi dan juga badan. Untuk orang pribadi, bisa mencakup tenaga ahli dan pegawai dengan NPWP. Juga untuk Badan, yang dimiliki oleh yayasan, perkumpulan, PT, CV, koperasi, kongsi, BUMN, BUMD, dan lainnya.

Trusted | Experienced | Professional

Keuntungan Pakai Jasa Pengurusan SPT Tahunan

Jelas untung pastinya. Tetap harus dibahas secara detail, apa sebenarnya keuntungan yang didapat dari seorang klien jasa pengurusan SPT Tahunan. Ternyata, bukan hanya untuk melakukan pelaporan SPT Tahunan saja.

  • Perusahaan mendapatkan perencanaan pajak yang benar dan bijak
  • Pengusaha atau pemimpin Badan bisa fokus pada inti usaha/Badan
  • Pimpinan tak perlu berkutat dengan masalah sebab semuanya akan diurus oleh jasa pelaporan SPT
  • Lebih aman sebab konsultan pajak memahami prosedur pemeriksaan sehingga dapat mengantisipasi kesalahan perhitungan
  • Perusahaan tidak perlu memberi fokus ekstra untuk administrasi pajak
  • Memastikan tingkat kesalahan kecil, karena risiko kesalahan diminimalkan
  • Lebih efisien

Perencanaan pajak atau yang biasa disebut sebagai tax planning, dibutuhkan supaya lebih untung utamanya. Perhitungan pajak seharusnya sesuai dengan peraturan perpajakan, dengan begitu tidak menimbulkan sanksi atau denda untuk Wajib Pajaknya. Lebih jauh lagi supaya biaya pajak yang dibayar relatif kecil, tanpa perlu melanggar peraturan pajak yang berlaku.

Sudah banyak urusan yang harus dipikirkan oleh pengusaha, bisa juga oleh pemimpin atau ketua perkumpulan hingga yayasan. Dengan jasa pengurusan SPT Tahunan, mereka tak perlu lagi harus mencabangkan pikiran.

Tanpa perlu menghadapi masalah, semuanya akan dihindari oleh jasa konsultan pajak. Konsultan pajak pun bekerja secara profesional, dengan memahami aturan yang berlaku serta regulasi terupdate jika ada perubahan.

Pada akhirnya, menggunakan jasa lapor SPT akan membuat klien lebih efisien. Mereka lebih bisa hemat tenaga, biaya, dan waktu. Hemat tenaga sehingga bisa fokus pada inti Badan (yayasan, perkumpulan, UD, PT, atau CV), hemat biaya karena bisa terhindar dari sanksi, dan hemat waktu tentunya.

Pelaporan Pengurusan SPT Tahunan Badan & Orang Pribadi
sumber gambar : pixabay.com

Dokumen Untuk Pelaporan SPT Tahunan Badan

Jika benar Anda menggunakan jasa pelaporan SPT Tahunan, maka semua dokumen yang dibutuhkan sesuai regulasi akan disiapkan oleh jasa ini. Dengan memintanya langsung pada Anda selaku klien, atau mengurusnya terlebih dahulu.

Namun Anda sebagai klien berhak tahu apa saja yang mungkin akan diminta oleh jasa pelaporan SPT Tahunan nanti. Berikut beberapa diantaranya, ada yang wajib juga ada yang opsional.

  • Pencocokan untuk persediaan awal dengan persediaan akhir pada SPT Tahunan PPh Badan Tahunan Formulir 1771
  • Pencocokan untuk komponen neraca
  • Pencocokan atas pembelian dan biaya usaha
  • Pencocokan atas peredaran usaha dan penghasilan luar usaha
  • Lampiran SPT Tahunan PPh Badan setahun sebelumnya (bisa berupa Perhitungan Kompensasi Kerugian, Daftar Penyusutan, promosi, Daftar Nominatif Biaya Hiburan, dan lain-lain)
  • Akte pendirian atau akta perubahannya
  • Keuangan (Rugi Laba dan Neraca, termasuk juga Laporan Keuangan hasil audit akuntan publik)
  • Arsip Bukti Pembayaran atas Surat Tagihan Pajak (STP) PPh Pasal 25 Masa untuk periode Januari s/d Desember.
  • Arsip Bukti Pembayaran PPh Pasal 25 Masa Januari sampai Desember
  • Arsip Bukti Pemotongan PPh Pasal 4 ayat (2) Masa Januari sampai Desember
  • Arsip Bukti Pemungutan PPh Pasal 22 dan Bukti Pungutan atau Bukti Pembayaran Pasal 22 Impor Masa periode Januari sampai Desember
  • Arsip Bukti Pemotongan PPh Pasal 23 Masa Januari sampai Desember
  • Arsip SPT Masa PPh Pasal 21 Januari sampai Desember

Khusus untuk BUT atau Badan Usaha Tetap, harus menyiapkan juga laporan keuangan konsolidasi atau kombinasi, pemberitahuan Bentuk Penanaman Modal, dan Surat Setoran Pajak (SSP) PPh Pasal 26 ayat 4.

Tips Dalam Memilih Jasa Pengurusan SPT Tahunan

Anda sudah paham betul apa yang dibutuhkan dengan mencari jasa pengurusan SPT Tahunan. Yang Anda butuhkan memang sudah jelas, namun pastikan dalam pemenuhannya tidak sembarang.

Boleh jadi sudah banyak jasa-jasa yang bisa melakukan pelaporan SPT Tahunan yang sudah Anda temukan. Penting untuk memfilter sehingga tahu mana yang terbaik. Beberapa tips memilih jasa lapor spt Tahunan berikut ini bisa membantu.

  • Cari informasi mengenai konsultan pajak yang ditawarkan dari situs resminya
  • Memilih konsultan pajak dengan track record baik
  • Memilih konsultan pajak yang bersifat akuntabilitas
  • Memilih konsultan pajak dengan komitmen
  • Memilih konsultan pajak yang taat regulasi serta Undang-Undang perpajakan
  • Memilih konsultan pajak yang memiliki izin praktek (dari Dirjen Pajak)

Penting untuk menggunakan jasa konsultan pajak yang sudah punya izin praktek, apalagi yang track record nya bagus, sehingga pekerjaannya nanti bagus pula. Sebab pada dasarnya, pengusaha atau penanggungjawab Badan membutuhkan jasa pelaporan SPT Tahunan untuk menjadikan semuanya lebih efisien.

Yakni supaya bisa terhindar dari sanksi denda sehingga lebih hemat, bisa fokus pada inti Badan (tak perlu pusing memikirkan SPT), dan semuanya yang dibutuhkan dalam pelaporan SPT Tahunan akan disiapkan.

Usahakan Menggunakan Jasa Lapor SPT Tahunan

Kebutuhan antara Wajib Pajak satu dengan lainnya aslinya sama saja, yaitu untuk melaporkan pajak tahunan dengan benar dan tepat waktu. Dengan benar supaya tidak dapat sanksi atas kesalahan informasi. Dengan tepat waktu supaya terhindar dari denda.

Bahkan ada saran bagi Badan untuk melaporkan pajak SPT Tahunan lebih awal. Supaya perhitungannya bisa tepat, bisa lebih dini menyiapkan anggaran, dan menghemat waktu. Sama halnya dengan Wajib Pajak orang pribadi, bisa lebih untung kalau lebih awal.

Kapan saja Anda butuh bantuan untuk pelaporan pajak SPT Tahunan, sudah ada jasanya. Konsultasikan apa saja yang jadi kebutuhan, namun tetap pilih jasa pengurusan SPT Tahunan sesuai tips di atas.

Mengapa Kami?

Monitor Progress

Progress Bisa Dimonitor Kapan Saja. Uang yang Anda bayarkan tidak akan menjadi ‘buang-buang uang’, semuanya aman terkendali oleh Anda sendiri.

Ahli Profesional

Diberikan Ahli yang Profesional, Berpengalaman, dan Bersertifikat. Tanpa perlu khawatir, Anda akan didampingi oleh ahli dan profesional bersertifikat.

Komunikasi Intens

Komunikasi Cepat, Intens, dan Edukatif. Inilah yang seharusnya dibutuhkan klien, supaya selalu aman dari urusan pajak kapan saja.

Mendalam & Detail

Layanan Mendalam dan Detail. Secara cuma-cuma kami berikan layanan mendalam, supaya Anda dapatkan pengalaman terbaik pakai jasa konsultan pajak.

Data Aman

Data Anda Terjaga, Pasti Aman. Kami bisa pastikan data Anda aman.

Artikel Terkait

Ada yang bisa dibantu?

Hubungi Kami

Dengan klik tombol “Form Konsultasi Pajak” di bawah ini Anda akan segera terhubung dengan konsultan pajak.

Scroll to Top