Konsultan Pajak Malang; Pentingnya Tarif dan Administrasi Pajak
Perpajakan tidak hanya membayar barang dan jasa publik; itu juga merupakan unsur utama dalam kontrak sosial antara masyarakat dan ekonomi. Bagaimana pajak dinaikkan dan dibelanjakan dapat menentukan legitimasi pemerintah. Meminta pertanggungjawaban pemerintah mendorong administrasi pendapatan pajak yang efektif dan, lebih luas lagi, manajemen keuangan publik yang baik.
Semua pemerintah membutuhkan pendapatan, tetapi tantangannya adalah memilih dengan hati-hati tidak hanya tingkat tarif pajak tetapi juga basis pajak. Pemerintah juga perlu merancang sistem kepatuhan pajak yang tidak akan menyurutkan wajib pajak untuk berpartisipasi. Data survei perusahaan terbaru untuk 147 negara menunjukkan hal menarik. Perusahaan menganggap tarif pajak sebagai salah satu dari lima kendala teratas untuk operasi mereka dan administrasi pajak termasuk di antaranya.
Mengapa Tarif Pajak Penting?
Besarnya biaya pajak untuk bisnis penting untuk investasi dan pertumbuhan. Di mana pajak tinggi, bisnis lebih cenderung memilih keluar dari sektor formal karena mereka harus rutin melakukan pelaporan pajak. Sebuah studi menunjukkan bahwa tarif pajak yang lebih tinggi dikaitkan dengan bisnis formal yang lebih sedikit dan investasi swasta yang lebih rendah.
Kenaikan 10% dalam tarif pajak penghasilan badan efektif dikaitkan dengan pengurangan rasio investasi terhadap PDB hingga 2 poin persentase dan penurunan tarif masuk bisnis sekitar 1 poin persentase. Kenaikan pajak yang setara hingga 1% dari PDB mengurangi output selama tiga tahun ke depan hampir 3%. Hal ini juga dirasakan oleh konsultan pajak Malang dimana wajib pajak juga masih enggan untuk menerima kenaikan tarif pajak.
Penelitian yang mengamati keputusan perusahaan multinasional tentang tempat berinvestasi menunjukkan hal menarik. Kenaikan 1 poin persentase dalam tarif pajak penghasilan badan hukum akan mengurangi keuntungan lokal dari investasi yang ada rata-rata sebesar 1,3%. Kenaikan 1 poin persentase dalam tarif pajak penghasilan badan efektif mengurangi kemungkinan pendirian anak perusahaan dalam suatu perekonomian sebesar 2,9%. Pajak laba hanya sebagian dari total biaya pajak bisnis (rata-rata sekitar 39%).
Menjaga tarif pajak pada tingkat yang wajar dapat mendorong pengembangan sektor swasta dan formalisasi bisnis. Tarif pajak yang rendah sangat penting bagi usaha kecil dan menengah, yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja. Sayangnya, hal ini tidak menambah pendapatan pajak secara signifikan.
Data menunjukkan bahwa usaha mikro, kecil, dan menengah merupakan lebih dari 90% pembayar pajak tetapi hanya menyumbang sekian persen dari pendapatan pajak. Tercatat ada 64,2 juta unit UMKM atau setara 99,9% dari seluruh pelaku usaha di Indonesia. Adapun kontribusi pajak penghasilan atau PPh hanya Rp 7,5 triliun atau sama dengan 1,1% dari penerimaan PPh secara total yakni Rp 711,2 triliun.
Membebankan biaya pajak yang tinggi pada bisnis sebesar ini mungkin tidak banyak menambah pendapatan pajak pemerintah, tetapi hal itu dapat menyebabkan bisnis pindah ke sektor informal atau lebih buruk lagi, menghentikan operasinya.
Bisnis peduli tentang apa yang mereka dapatkan dari pajak mereka. Infrastruktur yang berkualitas sangat penting untuk berfungsinya perekonomian. Ini karena infrastruktur memainkan peran sentral dalam menentukan lokasi kegiatan ekonomi dan jenis sektor yang dapat dikembangkan. Konsultan pajak Malang tentu memahami bahwa infrastruktur ini sangat bergantung dari penerimaan pajak pemerintah. Artinya, tergantung dari besaran pajak yang dibayarkan wajib pajak.
Karena pajak, tenaga kerja yang sehat sangat penting untuk daya saing dan produktivitas ekonomi. Berinvestasi dalam penyediaan layanan kesehatan sangat penting untuk alasan ekonomi dan moral. Pendidikan dasar meningkatkan efisiensi setiap pekerja. Pendidikan tinggi dan pelatihan berkualitas baik memungkinkan ekonomi untuk naik ke rantai nilai melampaui proses produksi dan produk sederhana.
Mengapa Administrasi Pajak Penting?
Administrasi perpajakan yang efisien dapat membantu mendorong bisnis untuk terdaftar secara resmi, sehingga memperluas basis pajak dan meningkatkan pendapatan pajak. Administrasi perpajakan yang tidak adil dan berubah-ubah kemungkinan akan membawa sistem perpajakan menjadi buruk dan mengurangi legitimasi pemerintah.
Di banyak ekonomi transisi pada 1990-an, kegagalan untuk memperbaiki administrasi pajak terjadi ketika sistem pajak baru diperkenalkan. Ini mengakibatkan pengenaan pajak yang tidak merata, penghindaran pajak yang meluas dan penerimaan pajak yang lebih rendah dari perkiraan.
Kepatuhan terhadap undang-undang perpajakan penting untuk menjaga agar sistem tetap berjalan untuk semua dan mendukung program dan layanan yang meningkatkan kehidupan. Salah satu cara untuk mendorong kepatuhan adalah dengan membuat aturan sejelas dan sesederhana mungkin. Sistem perpajakan yang terlalu rumit dikaitkan dengan penghindaran pajak yang tinggi.
Biaya kepatuhan pajak yang tinggi dikaitkan dengan sektor informal yang lebih besar, lebih banyak korupsi, dan lebih sedikit investasi. Perekonomian dengan sistem perpajakan yang sederhana dan dirancang dengan baik mampu meningkatkan aktivitas bisnis, investasi dan lapangan kerja. Penelitian baru menunjukkan bahwa penentu penting masuknya pajak perusahaan adalah kemudahan membayar pajak, terlepas dari tarif pajak perusahaan.
Sebuah studi terhadap 118 negara selama enam tahun menemukan fakta unik. Pengurangan 10% dalam beban administrasi pajak menyebabkan peningkatan 3% dari sektor bisnis tahunan. Berdasarkan konsultan pajak Malang, beban administrasi diukur dengan jumlah pembayaran pajak per tahun dan waktu yang dibutuhkan untuk membayar pajak.
Mengapa Pemeriksaan Pajak Penting?
Pemeriksaan pajak memainkan peran penting dalam memastikan kepatuhan pajak. Meskipun demikian, pemeriksaan pajak adalah salah satu interaksi paling sensitif antara wajib pajak dan otoritas pajak. Ini membebankan wajib pajak pada tingkat yang lebih besar atau lebih kecil tergantung pada jumlah dan jenis interaksi kunjungan lapangan oleh auditor. Ini termasuk tingkat dokumentasi yang diminta oleh auditor. Oleh karena itu, penting bahwa kerangka hukum yang tepat tersedia untuk memastikan integritas dalam cara otoritas pajak melakukan audit.
Pendekatan berbasis risiko mempertimbangkan berbagai aspek bisnis seperti;
- kepatuhan historis
- karakteristik spesifik industri dan perusahaan
- rasio utang-kredit untuk bisnis yang terdaftar PPN dan
- ukuran bisnis untuk menilai bisnis mana yang paling rentan dengan lebih baik.
Dalam pendekatan berbasis risiko, kriteria yang tepat digunakan untuk memberikan sanksi perusahaan yang tidak patuh. Bagaimanapun, pemerintah tegas untuk mencegah pembayar pajak untuk tidak membayarkan kewajiban.
Sebagian besar ekonomi memiliki sistem penilaian risiko untuk memilih perusahaan untuk audit pajak dan dasar pemilihan perusahaan ini tidak diungkapkan. Meskipun merupakan prosedur pasca pengarsipan, strategi audit dapat memiliki dampak mendasar pada cara bisnis mengajukan dan membayar pajak.
Bisa disimpulkan bahwa perusahaan yang diketahui tidak membayar pajak, jelas akan dikenai sanksi oleh otoritas terkait. Sanksi ini bisa berupa denda atau bahkan sampai pembekuan aktivitas bisnis. Selain itu, pihak pemerintah sendiri sudah melakukan berbagai cara untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran dalam pembayaran pajak. Apalagi, pemerintah lewat kementerian ekonomi telah melakukan berbagi upaya untuk peningkatan sektor pajak di beberapa tahun terakhir.Sebagai penutup, para wajib pajak baik individu maupun perusahaan memang sudah sepatutnya membuat laporan keuangan untuk membayar kewajiban pajak. Konsultan pajak Malang turut membantu para wajib pajak dalam menyelesaikan masalah perpajakan tahunan. Konsultan bahkan bisa menghitung pajak sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga perusahaan tetap bisa menjalankan bisnis.